Wagub Andika: Karang Taruna Harus Mampu Jadi Penggerak Kewirausahaan

Share
Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy

TANGERANG, VERBUMNEWS.COM-Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten melalui Dinas Sosial (Dinsos) Banten  memberikan pelatihan budi daya ikan lele kepada para anggota Karang Taruna kabupaten/kota se-Banten. Selain itu, juga diberikan bantuan permodalan agar masing-masing Karang Taruna tersebut dapat langsung mempraktikkan ilmu yang didapat selama pelatihan.

Wakil Gubernur Banten Andika Hazrymy mengungkapkan hal tersebut di sela-sela melakukan roadshow ke sejumlah Karang Taruna  kabupaten/kota di wilayah Tangerang, Selasa (28/11/2017).

Wagub  mengatakan, pihaknya memang menginginkan agar Karang Taruna mampu menjadi penggerak kewirausahaan, terutama di kalangan pemuda. “Jadi Karang Taruna itu jangan malah justru sibuk berpolitik misalnya, meski itu juga tidak dilarang,” kata Andika saat kunjungan di kegiatan Karang Taruna Kabupaten Tangerang yang didampingi  Kepala Dinas Sosial Pemprov Banten Nurhana.

Selain ke kegiatan Karang Taruna Kabupaten Tangerang, Andika juga mengunjungi kegiatan Karang Taruna Kota Tangerang dan Karang Taruna Kota Tangerang Selatan. Karang Taruna kabupaten/kota yang dikunjungi Andika tersebut tengah melakukan kegiatan pelatihan budi daya ikan lele dan cerdas cermat kader Karang Taruna.

“Kegiatan ini atas fasilitasi pemprov pada tahun anggaran APBD-P 2017, dan dilakukan di seluruh Karang Taruna kabupaten/kota,” kata Nurhana.

Sementara itu, Andika melanjutkan, dirinya sebagai Ketua Karang Taruna Provinsi Banten sekaligus sebagai Wakil Gubernur Banten menginginkan agar Karang Taruna mampu berdaya tanpa harus selalu tergantung kepada pemerintah dalam menjalankan kegiatan-kegiatannya. Lebih jauh Andika ingin agar Karang Taruna mampu menjadi motor penggerak wirausaha di tengah-tengah masyarakat.

Hal tersebut, kata dia, menjadi sebuah keniscayaan di era yang serba wirausaha saat ini, seiring dengan menguatnya penggunaan teknologi informasi (IT). Andika meminta Karang Taruna memanfaatkan kemajuan zaman tersebut sebagai sarana dalam ikut menyebarkan semangat kewirausahaan di tengah-tengah masyarakat, terutama di kalangan pemudanya.

Siapkan Kader Unggul

Terkait kegiatan cerdas cermat kader Karang Taruna, Andika mengaku, pihaknya menginginkan terbentuknya kader Karang Taruna unggulan di setiap kecamatan di Banten yang pada gilirannya mereka akan menjadi semacam duta organisasi atau duta pemerintah daerah ke kancah yang lebih luas, seperti di tingkat nasional.

“Kader-kader ini harus kita siapkan, agar jangan kalau ada keperluannya saja kita baru terburu-buru menyiapkan. Kalau sudah disiapkan dari jauh-jauh hari kan nanti tiba saatnya ada event nasional dimana butuh keterwakilan daerah, Karang Taruna siap,” ujarnya.

Andika juga  meminta pengurus Karang Taruna kabupaten/kota  melakukan pengkaderan hingga ke tingkat desa/kelurahan. Menurut dia, Karang Taruna harus mampu membumi atau terasa keberadaannya di tengah-tengah masyarakat dengan kehadiran kader dan kepengurusan yang aktif berkegiatan hingga ke tingkat kelurahan/desa. “Saya ingin Karang Taruna di Banten eksis hingga ke level grassroot,” ujarnya. (ADV-Kominfo Banten10)

 

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkait