VX Pembunuh Kim Jong-Nam Berasal dari Luar Malaysia

Share
Siti Aishah (kanan) dan Doan Thi Huong (kiri) menjadi tersangka utama pembunuhan Kim Jong-Nam, kakak tiri Pemimpin Korea Utara Kim Jong-Un.

KUALA LUMPUR, VerbumNews.com – Wakil Menteri Kesehatan Malaysia Datuk Seri Dr Hilmi Yahaya memastikan bahwa racun saraf VX yang mengakhiri hidup Kim Jong-Nam, kakak tiri Pemimpin Korea Utara Kim Jong-Un, sebelumnya tidak pernah ditemukan di Malaysia.

Hilmi memaparkan bahwa racun syaraf VX adalah senjata kimia yang bisa melumpuhkan sistem saraf dan siapa pun yang terpapar akan mati dalam waktu setengah jam karena tidak bisa bernapas.

Dia mengungkapkan sulit mendeteksi racun ini jika dibawa masuk ke Malaysia dalam jumlah kecil.

“Ini yang pertama kami menemukan VX. Selama ini kami hanya mengetahuinya dari membaca,” kata Hilmi kepada wartawan seperti dikutip kantor berita Bernama.

Inspektur Jenderal Polisi Tan Sri Khalid Abu Bakar mengatakan zat kimia  “Ethyl S-2-Diisopropylaminoethyl Methylphonothiolate” atau VX telah digunakan untuk membunuh Jong-Nam.

Jong-Nam sedang berada di Bandara Internasional Kuala Lumpur pada 13 Februari 2017  untuk menunggu penerbangan ke Macau. Pada saat itu  dua perempuan tiba-tiba muncul dari belakang dia dan mengusap sesuatu ke wajahnya yang kemudian diketahui sebagai racun VX.

Kim Jong-Nam kemudian tewas dalam perjalanan ke rumah sakit.

Editor: L Dami

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkait