Tentang Kami

vn
Diterbitkan oleh PT Verbum Media Global

Verbum (Latin) dan verbal (Indonesia) berarti kata, ucapan. Setiap kata yang kita tulis atau kita ucapkan secara verbal, tidak hanya memiliki makna tetapi juga memiliki kekuatan dan daya. Power (kekuatan) kata itu bisa “membunuh,” menjatuhkan dan merusak (destruktif). Sebaliknya, lewat kata yang kita tulis atau ucapkan bisa juga memberi semangat, kegembiraan, inspirasi, meneguhkan (konstruktif). Itu semua bergantung pada pemilihan kata-kata yang kita gunakan baik dalam komunikasi lisan maupun tulisan.

Kami memilih kata “verbum” sebagai nama dari portal berita ini, tentu memiliki dasar pertimbangan filosofis yang bisa dipertanggungjawabkan. Nomen est omen. Nama adalah tanda. Nama menunjukkan orangnya. Nama adalah inner power dan inner spirit, yang terus mewarnai dan menyemangati perjalanan media ini ke depannya.

Kata “verbum” yang kami maksud di sini tidak hanya sekadar sebuah kata yang berdiri sendiri. Verbum yang kami tampilkan sebagai nama portal berita ini adalah gabungan dari dua kata bahasa Latin yakni verum (veritas) atau truth yang berarti kebenaran, dan bonum (goodness) yang berarti kebaikan. Spirit utama dari portal berita VerbumNews.com adalah mewartakan kebenaran untuk kebaikan bersama.  “Ad Verum et Bonum-untuk Kebenaran dan Kebaikan.”

VerbumNews.com akan senantiasa berani untuk mengungkap kebenaran tetapi juga mempertimbangkan nilai kebermanfaatannya (kebaikan) untuk kepentingan banyak orang (bonum commune). Karena itu, kami memilih tagline: “Let The Truth Be Written-” biarlah kebenaran itu ditulis. Jangan pernah menyembunyikan kebenaran jika itu bermanfaat bagi banyak orang.

VerbumNews.com akan selalu patuh dan tunduk pada dua idealisme yakni ilmu pengetahuan (logika) dan moral, etika (agama). Idealisme pengetahuan dan logika akan berpuncak pada nilai kebenaran (truth). Idealisme moral, etika (agama) akan berpuncak pada nilai kebaikan (bonum).

Karena itu, VerbumNews.com hadir untuk menyajikan berita, yang bernilai edukatif dan konstruktif sehingga bisa memberikan energi positif bagi pembaca. Kaidah dan kode etik jurnalistik akan selalu dikedepankan. Check and balance dan cover both sides akan selalu dijaga dan diterapkan dalam menyajikan berita. Constructive journalism dan positive journalism menjadi prinsip dan pegangan utama situs berita ini dalam menyajikan berita. Fakta tidak hanya sekadar disampaikan apa adanya, karena fakta dianggap “suci” dalam dunia jurnalistik. Namun fakta harus dikupas dengan menggunakan pendekatan multi-angles, multi-sides dan multi-sources. Good news is good news not bad news is good news.

VerbumNews.com hadir sebagai salah satu media online untuk menjawabi kebutuhan masyarakat saat ini yang melek teknologi dan haus informasi. Kemajuan teknologi informasi membuat sebagian masyarakat dewasa ini secara perlahan beralih dari yang biasanya membaca media cetak untuk memproleh informasi, kini memilih untuk membaca media online yang mudah diakses lewat gadget baik itu telepon genggam, ipad maupun tablet. Informasi saat ini ada di genggaman Anda. Situs berita VerbumNews.com pun ada di genggaman Anda. Anda bisa akses  kapan pun dan dimana pun.***