Setya Novanto Resmi Menjabat Ketua DPR RI Lagi

Share
Setya Novanto secara resmi kembali menjabat sebagai Ketua DPR RI setelah disetujui melalui rapat paripurna DPR RI dan dilantik, Rabu (30/11/2016) sore.
Setya Novanto secara resmi kembali menjabat sebagai Ketua DPR RI setelah disetujui melalui rapat paripurna DPR RI dan dilantik, Rabu (30/11/2016) sore.

JAKARTA, VerbumNews.com– Setya Novanto secara resmi kembali menjabat sebagai Ketua DPR RI setelah anggota parlemen menyetujuinya lewat rapat paripurna.

Rapat yang berlangsung di Gedung DPR RI, Jakarta, Rabu (30/11/2016) petang, dipimpin oleh Wakil Ketua DPR Fadli Zon dan didampingi oleh jajaran pimpinan lainnya yaitu Agus Hermanto, Fahri Hamzah dan Taufik Kurniawan.

Setelah mendengar pendapat masing-masing fraksi yang seluruhnya setuju Setya Novanto kembali menjabat, Fadli kemudian kembali menanyakan persetujuan mereka untuk memastikan.

“Apakah pergantian Ketua DPR dari Ade Komarudin ke Setya Novanto dapat disetujui?” tanya Fadli, seperti dikutip Antara, Rabu (30/11/2016).

“Setujuuu…” jawab para anggota secara serentak.

Setya Novanto kemudian maju ke depan di ruang paripurna untuk mendengarkan pembacaan Surat keputusan yang dilanjutkan dengan pengambilan sumpah sebagai Ketua DPR RI.

Ade Komarudin tidak hadir dalam rapat itu. Diketahui, yang bersangkutan sedang berobat ke luar negeri.

Janji Tingkatkan Hubungan Antar Lembaga

Ketua DPR Setya Novanto berjanji akan meningkatkan hubungan lebih produktif antara institusinya dengan lembaga tinggi lainnya, khususnya dengan Presiden RI untuk memperkuat sistem presidensial.

“Kami juga akan meningkatkan hubungan yang lebih produktif dengan lembaga tinggi negara yang lain khususnya dengan Presiden Republik Indonesia dalam rangka memperkuat sistem presidensial,” katanya setelah dilantik menjadi Ketua DPR dalam Rapat Paripurna DPR, di Jakarta, Rabu (30/11/2016).

Dia menjelaskan, dirinya akan menjalankan program-program bersama seperti legislasi, pengawasan dan anggaran sesuai amanah konstitusi.

Menurut Novanto, dirinya berkomitmen menjalankan amanah itu dengan baik demi mencapai kesejahteraan masyarakat sehingga meminta seluruh anggota DPR mendukung keinginannya tersebut untuk memajukan kelembagaan DPR.

“Saya bersama dengan Pimpinan DPR lainnya dan anggota dewan saling asah serta saling asuh dan selalu mementingkan kepentingan bangsa negara dan kepentingan rakyat Indonesia,” ujarnya.

Menurut dia, dirinya bersama empat Pimpinan DPR lainnya pernah bekerjasama dengan kompak dan akan berjalan kembali saat ini setelah dirinya menjadi Ketua DPR.

Dia juga mengucapkan terima kasih kepada Ade Komarudin karena selama kurang lebih setahun bekerja maksimal memimpin institusi DPR.

“Terima kasih kepada saudara Ade Komarudin karena setahun ini bekerja dengan maksimal dan baik, memberikan kontribusi bagi bangsa Indonesia,” katanya.

Setya Novanto dilantik menjadi Ketua DPR setelah diputuskan dalam rapat Paripurna hari ini. Pelantikan itu menindaklanjuti keputusan Partai Golkar mengganti Ade Komarudin dengan Setya Novanto.

Dalam Rapat Paripurna itu, mayoritas fraksi menerima pergantian dan memberikan selamat kepada Novanto.

Editor: L Dami

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkait