Serangan Bom Bunuh Diri di Pusat Perbelanjaan di Istanbul, 5 Orang Tewas

Share
Korban bom bunuh diri di Jalan Istiklal, sebuah pusat perbelanjaan di Istanbul Turki, dievakuasi, Sabtu (19/03/2016). (Foto: Reuters)
Korban bom bunuh diri di Jalan Istiklal, sebuah pusat perbelanjaan di Istanbul Turki, dievakuasi, Sabtu (19/03/2016). (Foto: Reuters)

ISTANBUL,VerbumNews.com-Sebanyak lima orang termasuk  pelaku tewas, dan 36 lainnya  terluka dalam serangan bom bunuh diri yang diduga dilakukan oleh militan Kurdi  di pusat perbelanjaaan,   Istanbul, Turki,  Sabtu (19/03/2016).

Bom bunuh diri yang terjadi untuk keempat kalinya  di Turki tahun ini menghantam Jalan Istiklal, zona pejalan kaki di mana berjejer  toko-toko (pusat perbelanjaan)  dan konsulat asing. Beberapa ratus meter dari tempat kejadian,  mobil polisi biasanya diparkir.

Dugaan sementara, menunjukkan bahwa pelaku bom bunuh diri tersebut adalah organisasi terlarang, Partai Pekerja Kurdistan (PKK).

“Penyerang meledakkan bom sebelum mencapai titik sasaran karena mereka takut polisi,” kata seorang pejabat Turki. “Ledakan bom bunuh diri itu targetnya adalah pusat keramaian dan itu direncanakan,” katanya.

Kejadian tersebut membuat para pembeli panik dan lari berhamburan  untuk mencari tempat yang aman. Segera setelah kejadian sejumlah polisi bersenjata langsung menutup jalan di pusat perbelanjaan tersebut. Sejumlah mobil ambulans datang ke lokasi untuk mengevakuasi korban. Bukan hanya itu, sejumlah petugas forensik datang ke lokasi kejadian untuk melakukan penyelidik forensik.

Jalan Istiklal, biasanya dipadati pembeli setiap  akhir pekan. Namun karena serangkaian kejadian  ledakan bom beberapa bulan terkahir ini, membuat warga lebih banyak tinggal di rumah.

Menteri Kesehatan Mehmet Muezzinoglu menegaskan bahwa 36 orang telah terluka dan tujuh dari mereka berada dalam kondisi serius. “Dua belas orang yang terluka adalah orang asing,” katanya.

Kementerian Luar Negeri Israel menegaskan beberapa warganya berada di antara yang terluka.

Sebagaimana diketahui, pemboman  mobil bunuh diri di ibukota Ankara menewaskan 37 orang bulan ini. Bom serupa di Ankara bulan lalu menewaskan 29 orang. Kelompok militan Kurdi telah mengaku bertanggung jawab atas kedua kejadian pemboman tersebut.

Pada bulan Januari, seorang pembom bunuh diri menewaskan sekitar 10 orang, sebagian besar dari mereka wisatawan Jerman, di jantung bersejarah Kota  Istanbul.

Editor: L Dami

Sumber: Reuters

Related Post

Berita Terkait