Revitalisasi Banten Lama untuk Tahap Awal Akan Selesai Akhir November

Share
Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy saat memimpin rapat koordinasi revitalisasi Banten Lama dengan sejumlah kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Provinsi Banten dan pejabat terkait dari Pemerintah Kota (Pemkot) Serang di Pendopo Gubernur, Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B), Curug, Kota Serang, Rabu (13/09/2017).

SERANG, VERBUMNEWS.COM– Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten telah mengalokasi anggaran pada APBD Perubahan 2017 sebesar Rp 18 miliar untuk merevitalisasi kawasan objek wisata Banten Lama.  Anggaran sebesar itu tersebar di sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan  Pemprov Banten.

Ditargetkan, pengerjaan revitalisasi Banten Lama akan dimulai Oktober 2017 dan akan selesai pada akhir November 2017. Revitalisasi ini baru tahap awal.

Hal tersebut diungkapkan Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy, pada rapat koordinasi revitalisasi Banten Lama yang diikuti sejumlah kepala OPD di lingkungan Pemprov Banten dan sejumlah pihak terkait dari Pemerintah Kota (Pemkot) Serang, di Pendopo Gubernur Banten, Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B), Kecamatan Curug, Kota Serang, Rabu (13/09/2017).

“Ini kami lakukan untuk memicu Pemkot Serang sebagai tuan rumah proyek revitalisasi Banten Lama agar segera action,” kata Andika.

Andika, mengatakan  target  semua pekerjaan awal revitalisasi Kawasan Banten Lama dengan anggaran  dari APBD-P 2017 tersebut harus selesai dalam dua bulan ke depan. “Jadi akhir November 2017,   Banten Lama sudah punya wajah baru. Wisatawan akan lebih nyaman berkunjung ke sana,” ujarnya.

Menurut Andika, revitalisasi Banten Lama harus dilakukan secepatnya, karena  kondisinya sudah sangat memprihatinkan. “Banten Lama itu   merupakan   salah satu pusat peradaban di masa lalu. Namun, justru saat ini kondisinya memprihatinkan. Banten Lama merupakan  harga diri Banten.  Jadi kondisi Banten Lama itu mencerminkan wajah  Banten,” kata Andika .

Lebih jauh Andika memaparkan, anggaran Rp 18 miliar pada  APBD-P 2017  tersebar di berapa OPD yakni Dinas Pekerjaan Umum sebesar Rp10 miliar untuk pembangunan jalan akses Masjid Banten Lama dan pembersihan kanal Banten Lama. Berikutnya, di Dinas Perumahan dan Permukiman (Perkim)  sebesar Rp 4,7 miliar diantaranya untuk penataan sanitasi lingkungan dan penyediaan sarana air bersih. Lalu, di Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan  (LHK)  sebesar Rp 1 miliar untuk pengadaan sarana kebersihan serta penghijauan.

Sisanya, anggaran tersebut berada di Dinas Perhubungan sebesar Rp2 miliar untuk perlengkapan marka jalan, serta di Dinas Kesehatan sebesar Rp200 juta untuk penyuluhan kesehatan warga di lingkungan Banten Lama.

“Pemprov juga mengalokasikan anggaran bantuan untuk Pemkot Serang sebesar Rp300 juta untuk pembuatan detail engineering design (DED) sejumlah pekerjaan Pemkot Serang sebagai leading sector proyek revitalisasi ini,” ujarnya.

Editor: L Dami

 

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkait