Promosi Wisata, Pemkab Serang Gelar Festival Budaya Anyer Krakatau 2017

Share
Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah ketika mempresentasikan rencana pelaksanaan Anyer Krakatau Culture Festival 2017, di Pendopo Kantor Bupati Serang, Selasa (20/06/2017).

SERANG, VerbumNews.com– Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang akan menggelar Festival Budaya Anyer Krakatau 2017 (Anyer Krakatau Culture Festival 2017)  untuk mempromosi destinasi wisata Anyer dan juga potensi wisata budaya lainnya.

Bupati Serang, Ratu Tatu Chasanah mengatakan, tingkat kunjungan wisatawan di Pantai Anyer selama ini terbilang sepi. Pengunjung hanya meningkat pada saat akhir pekan, itu pun jumlahnya tidak terlalu signifikan. Karena itu, Pemkab Serang menggagas event untuk menarik wisatawan lewat Anyer Krakatau  Culture Festival 2017.

“Selama ini orang mungkin hanya mengenal destinasi wisata panti di Anyer. Padahal, di Serang pada khususnya, dan Banten pada umumnya terdapat begitu banyak potensi wisata budaya. Karena itu, lewat event Anyer Krakatau Culture Festival 2017, yang akan dilaksanakan 18-20 Agustus mendatang, Pemkab Serang akan memperkenalkan seluruh potensi wisata  yang ada kepada para pengunjung di Anyer,” ujar Tatu didampingi oleh Wakil Bupati Serang Pandji Tirtayasa, pada konferensi pers di Pendopo Kantor Bupati Serang, di Serang, Selasa (20/06/2017).

Menurut Tatu,  tujuan diadakannya festival tersebut yakni memperkenalkan dan mempopulerkan destinasi wisata, budaya, kuliner, fashion, musik dan kerajinan khas Kabupaten Serang ke tingkat nasional dan internasional secara berkala dan terukur setiap tahunnya.

Selain itu, meningkatkan devisa pemerintah daerah, ekonomi masyarakat, kreativitas pelaku seni budaya dan nilai investasi Kabupaten Serang secara bertahap dan cepat, serta mempertahankan kelestarian lingkungan alam dengan cara peningkatan kepedulian masyarakat nasional dan internasional pada eksistensi Pantai Anyer dan alam sekitarnya.

Sementara itu, Project Officer  Anyer Krakatau Culture Festival 2017,  Wahyu Setiawan menjelaskan  festival itu akan diisi berbagai macam acara yakni lomba mancing Selat Sunda, pameran batik nasional dan batik khas Kabupaten Serang, atraksi pendekar debus dengan tema tujuh belasan, festival kuliner dan bakar ikan.

“Khusus untuk kegiatan bakar ikan akan dilakukan secara bersama di pantai. Untuk kuliner akan menghadirkan kuliner dari desa dengan makanan khas Kabupaten Serang dan Banten. Pada saat yang sama akan dilakukan gala dinner di tepi pantai dan juga atraksi memasak chef nasional,” ujarnya.

Menurut Wahyu, Anyer Krakatau Culture Festival 2017 merupakan event yang akan dilaksanakan tahunan.  Untuk event pertama ini, targetnya hanya untuk masyarakat Banten, dengan estimasi kunjungan sebanyak 8.000 orang.

“Anyer Krakatau Culture Festival 2018 akan menghadirkan peserta dari luar Banten dan pada tahun 2019, target peserta dari mancanegara. Jadi kagiatan ini akan menjadi event tahunan di Kabupaten Serang, dengan tujuan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan baik domestik maupun mancanegara,” ujarnya.

Editor: L Dami

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkait