PPP Deklarasikan Dukungan, Subadri Siap Bertarung di Pilkada Kota Serang

Share
Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Provinsi Banten, Agus Setiawan secara simbolis menyerahkan Surat Keputusan (SK) Rekomendasi Penetapan kepada Subadri Usuludin (ketiga dari kiri) sebagai Bakal Calon Wali Kota Serang Periode 2018-2023 pada acara deklarasi yang dilakukan di Kantor DPW PPP Provinsi Banten, Jalan Lingkar Ciracas, Kota Serang, Rabu (27/09/2017).

SERANG, VERBUMNEWS.COM-Langkah Ketua DPRD Kota Serang, Subadri Usuludin  untuk bertarung di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Serang 2018 semakin mantap.  Partai Persatuan Pembangunan (PPP) menjadi partai pertama yang mendeklarasikan dukungan terhadapnya untuk maju menjadi bakal calon wali kota Serang periode 2018-2023.

Langkah politik  yang diambil politikus Partai Golkar ini memang terbilang berani. Ia memilih untuk dipinang oleh partai lain untuk maju di Pilkada   Kota Serang  2018, karena didorong  oleh tekad dan niatnya yang tulus untuk memajukan Kota Serang yang lebih baik.

Subadri menyadari sejak awal bahwa langkahnya untuk maju di Pilkada Kota Serang penuh risiko. Ia siap menerima risiko apa pun  dari  Partai Golkar, tempat bernaungnya selama ini.

“Tekad saya sudah bulat untuk maju di Pilkada Kota Serang.  Niat saya tulus untuk memajukan Kota Serang lebih baik lagi. Kalau sebelumnya saya berada di legislatif, saya ingin menjadi eksekutif, yang menjadi eksekutor pembangunan di Kota Serang. Visi dan misi saya  yakni memajukan Kota Serang sama seperti kabupaten/kota lain di Banten yang sudah maju,” ujar Subadri pada acara deklarasi  di Kantor Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PPP Provinsi Banten, Jalan Lingkar Ciracas, Kota Serang,  Rabu (27/09/2017) malam.

Subadri mengatakan,  untuk memajukan Kota Serang perlu kebersamaan. Karena itu, Subadri  berpendapat,  menjaga hubungan baik dengan semua bakal calon  perlu dilakukan.

“Semua bakal calon yang ingin maju di Pilkada Kota Serang tentu  niatnya baik. Karena itu,  saya mengedepankan kompetisi yang sehat dan kondusif. Saya tetap menjaga komunikasi yang baik dengan semua bakal calon yang ada.  Siapa pun nanti yang akan menjadi  calon definitif  di Pilkada Kota Serang, kita tentu bertarung secara sehat. Kita mengedepankan gagasan dan konsep untuk membangun Kota Serang yang lebih baik,” ujarnya.

Subadri mengungkapkan, PPP telah mengangkat harkat dan martabatnya. Karena itu, Subadri bersama PPP dan sejumlah partai lainnya yang akan bergabung dalam koalisi, siap bekerja keras untuk memenangkan Pilkada Kota Serang.

“Deklarasi dukungan PPP terhadap saya, sebagai bukti  bahwa saya tidak main-main untuk maju di Pilkada Kota Serang. Deklarasi ini juga mematahkan berbagai spekulasi sejumlah kalangan selama ini bahwa saya tidak serius maju di Pilkada Kota Serang. Tentu, kalau hanya mengandalkan pribadi Subadri sendiri,  tidak ada artinya apa-apa kalau tanpa dukungan PPP dan berbagai pihak lainnya. Kita perlu kebersamaan dalam memajukan Kota Serang,” ujarnya.

Deklarasi PPP menjadi amunisi politik yang luar biasa bagi Subadri untuk terus proaktif melakukan lobi-lobi politik dengan sejumlah partai politik lainnya guna bergabung dalam koalisi Pilkada Kota Serang 2018.

“Pasca deklarasi ini, saya bersama PPP akan terus melakukan upaya politik untuk mengajak sejumlah parpol lain guna bergabung dalam koalisi,” ujarnya.

Untuk diketahui, acara deklarasi dukungan PPP terhadap Subadri Usuludin di Kantor DPW PPP Provinsi Banten, dihadiri juga oleh Sekretaris DPW Partai NasDem Provinsi Banten Aries Halawani dan Wakil Ketua DPW Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sanuji Pentamarta. Tidak hanya itu,  salah satu bakal calon wali kota Serang  Wahyudin Djahidi juga turut hadir.

Fakta ini merupakan sinyal politik, bahwa koalisi PPP, Partai NasDem dan PKS untuk mengusung Subadri Usuludin akan sangat memungkinkan untuk dilakukan. Namun, politik itu bersifat dinamis. Perlu ada langkah komunikasi politik yang intensif dan berkesinambungan untuk mematangkan koalisi.

“Apakah nanti kami akan berkoalisi, waktu yang akan menjawabnya. Tentu, komunikasi politik akan semakin intensif dilakukan,” ujarnya.

Mengapa PPP Mengusung Subadri Usuludin?

Keputusan PPP untuk mengusung Subadri Usuludin menjadi bakal calon wali kota Serang periode 2018-2023 tentu memiliki alasan dan pertimbangan tersendiri. Kendati untuk Pilkada Kota Serang, PPP tidak membuka penjaringan secara luas dan terbuka kepada masyarakat, namun PPP memiliki mekanisme tersendiri melalui proses analisis dan kajian terhadap semua nama bakal calon yang muncul.

Ketua DPC PPP Kota Serang, Uhen Juhaeni mengatakan, dukungan kepada Subadri Usuludin telah dibahas dan disepakati dalam rapat pimpinan di tingkat cabang. Pada rapat itu, pihaknya mendengarkan aspirasi baik dari masyarakat maupun dari internal partai atau pun tokoh lain, terkait langkah yang harus dilakukan oleh PPP di Pilkada Kota Serang 2018.

“Ada satu bakal calon yang visinya sama, dengan prinsip dari khitah PPP, yaitu untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan. Kemudian kita telah menetapkan berdasarkan rapim itu dan memutuskan dan menyampaikan ke DPW PPP Provinsi Banten, maka kami dari DPC PPP Kota Serang mengusulkan Subadri Usuludin,” kata Uhen Juhaeni.

Uhen mengatakan, untuk Pilkada Kota Serang, PPP tidak membuka penjaringan secara terbuka. Ia mengaku melakukan komunikasi dan menjaring bakal calon menggunakan pendekatan lain.

“Hanya Kota Serang yang tidak membuka pendaftaran, bukan tidak ingin ikut-ikutan, tapi untuk memilih, menentukan dan mengambil sikap itu butuh renungan dan kajian, jangan sampai pilihan kita salah dan keliru. Tapi jangan juga visi misinya tidak sesuai dengan khitah kita,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua DPW PPP Provinsi Banten, Agus Setiawan mengatakan, pihaknya telah melakukan penilaian terhadap semua bakal calon wali kota dan wakil wali kota Serang yang namanya sering muncul, baik dari keseharian, kinerja dan prospek ke depan untuk Kota Serang.

“Yang utama, PPP adalah market-nya pesantren, kiai, santri, majelis taklim, madrasah dan sekitar itu. Sosok yang paling pas itu Subadri Ushuluddin. Di pesantren mana pun ada dia, jadi chemistry-nya sama. Sama- sama mencintai ulama dan pesantren,” kata Agus Setiawan.

Agus mengatakan, setelah deklarasi ini, pihaknya akan menyampaikan ke Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PPP, berbarengan dengan rekomendasi untuk calon kepala daerah di Pilkada Lebak, Kabupaten Tangerang dan Kota Tangerang.

“Rekomendasi untuk Lebak pertama, Tangerang kedua kemudian Kota Tangerang dan terakhir Kota Serang. Lusa akan kami sampaikan ke DPP untuk segera ditindaklanjuti,” ujarnya.

Editor: L Dami

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkait