Polda Metro Jaya Tetap Siapkan Personel Pengamanan Sidang Ahok

Share
Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok ketika mengikuti sidang kasus dugaan penistaan agama di Auditorium Kementerian Pertanian, Jakarta.

JAKARTA, VerbumNews.com – Polda Metro Jaya tetap menyiapkan personel pengamanan untuk sidang lanjutan terdakwa kasus dugaan  penodaan agama Basuki Tjahaja Purnama alias  Ahok dengan agenda pembacaan tuntutan dari Jaksa Penuntut Umum (JPU), pada Selasa (11/04/2017).

“Agenda sidang Pak Ahok besok (Selasa) sudah terjadwalkan, pengamanan kita sudah persiapkan,” kata Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Argo Yuwono di Jakarta, seperti dikutip Antara, Senin (10/04/2017).

Argo mengatakan majelis hakim yang akan memutuskan untuk menggelar atau menunda sidang lanjutan Ahok menjelang jadwal pencoblosan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta pada 19 April 2017 mendatang.

Argo menuturkan jumlah personel pengamanan berdasarkan perkembangan dan situasi di lapangan namun kepolisian siap mengamankan sidang lanjutan itu.

Sejauh ini menurut Argo, pihak Polda Metro Jaya belum mendapatkan informasi maupun pemberitahuan rencana pengerahan massa saat sidang Ahok.

“Kita belum mendapatkan, yang penting kepolisian akan mencari informasi dan komunikasi agar pengamanan kondusif,” ujar mantan Kabid Humas Polda Jawa Timur itu.

Polda Metro Jaya akan mendapatkan bantuan personel pengamanan dari unsur TNI dan lembaga terkait lainnya.

Sebelumnya, Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Polisi M Iriawan mengirimkan surat yang menyarankan majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Utara menunda sidang Ahok.

Surat saran penundaan sidang Ahok itu agar persiapan pelaksanaan pencoblosan Pilkada DKI Jakarta pada 19 April 2017 berjalan aman dan tertib dari gangguan keamanan ketertiban masyarakat.

Pelaksanaan sidang lanjutan Ahok mendekati masa tenang Pilkada DKI Jakarta putaran kedua sehingga perlu langkah antisipasi potensi pengerahan massa.

Selain itu, Kapolda Metro Jaya juga memutuskan untuk menunda jadwal pemeriksaan terhadap pasangan calon lainnya Anies Baswedan dan Sandiaga Uno yang menjadi terlapor pada beberapa laporan masyarakat.

Editor: L Dami

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkait