Pesawat FlyDubai Rute Dubai-Rusia Jatuh, 62 Orang Tewas

Share
Foto ilustrasi Pesawat FlyDubai
Foto ilustrasi Pesawat FlyDubai

MOSKOW, VerbumNews.com– Pesawat Boeing 737-800 milik maskapai penerbangan FlyDubai jatuh ketika hendak mendarat di Rostov-on-Don, wilayah Rusia Selatan, Sabtu pagi (19/03/2016) waktu setempat. Sebanyak 62 orang penumpang dan awak pesawat  dilaporkan tewas dalam kecelakaan yang terjadi di tengah cuaca buruk tersebut.

Berdasarkan laporan situs berita Rusia, RT.com,  yang mendapat konfirmasi dari pihak  air traffic control bandara Rostov-on-Don bahwa pesawat nahas itu jatuh di dekat landasan saat melakukan percobaan pendaratan yang kedua kalinya, dalam kondisi jarak pandang yang minim.

Sebelumnya, pesawat dengan rute penerbangan Dubai (Uni Emirat Arab) – Rostov-on-Don (Rusia) ini sempat mencoba melakukan pendaratan pertama, namun gagal.

Dituturkan seorang sumber kepada media Rusia lainnya, LifeNews, bahwa pada percobaan pendaratan pertama, pesawat melewatkan landasan sehingga harus terbang berputar. Ketika akan melakukan pendaratan kedua, pesawat menghantam tanah sebelum mencapai landasan.

Ekor pesawat menghantam tanah, sekitar beberapa ratus meter dari landasan. Badan pesawat keseluruhan menghantam tanah dan terbakar.

Kantor berita TASS melaporkan, saat kejadian hujan deras melanda lokasi dan peringatan angin kencang dirilis oleh otoritas setempat. Hujan deras ini memicu jarak pandang buruk di landasan pesawat dan diduga inilah yang memicu jatuhnya pesawat.

Otoritas Rusia memastikan 61 orang yang terdiri atas 55 penumpang dan 6 awak tewas dalam insiden ini. “Sangat disayangkan, semuanya tewas,” ujar pejabat Kementerian Urusan Darurat Rusia, Viktor Yanutsenko seperti dikutip RIA Novosti.

Pesawat Boeing 737-800 yang mengalami kecelakaan dilaporkan memiliki registrasi A6-FDN dengan nomor penerbangan FZ981. Pesawat tersebut dioperasikan oleh FlyDubai mulai 2010 lalu, atau telah berumur enam tahun

Berdasarkan hasil penyelidikan tim Komite Investigasi Rusia,  sebagaimana  dilansir Kantor Berita Reuters, menyebutkan bahwa ada 62 orang yang tewas dalam kecelakaan itu. Hal ini sekaligus mengoreksi informasi sebelumnya yang melaporkan jika korban tewas berjumlah 61 orang.

Menurut Komite Investigasi Rusia, berdasarkan data awal, pesawat itu mengangkut 55 penumpang dan tujuh kru, yang semuanya tewas.

Sementara itu, FlyDubai dalam pernyataan resmi mereka juga mengonfirmasi jumlah korban dalam insiden kecelakaan pesawat ini. Melalui laman Facebook mereka, Flydubai menjelaskan, pesawat bernomor penerbangan FZ981 itu membawa 55 penumpang; terdiri dari 33 perempuan, 18 pria, dan 4 anak, serta 7 orang awak kabin.

Mereka mengaku belum bisa memberikan informasi spesifik untuk saat ini. Namun mereka berjanji, update informasi akan terus dilakukan.

Di laman Facebook ini juga, CEO FlyDubai Ghaith Al Ghaith mengatakan, fokus saat ini adalah keluarga penumpang dan kru. “Seluruh karyawan shock. Duka mendalam untuk para keluarga penumpang,” ujarnya.

Dalam pernyataannya, Kementerian Urusan Darurat wilayah Rostov menyebutkan bagian sayap pesawat menghantam tanah saat percobaan pendaratan kedua dan kemudian pesawat terbakar. Rekaman kamera CCTV di sekitar lokasi menunjukkan adanya ledakan besar di dekat landasan, ketika insiden ini terjadi.

Editor: L Dami

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkait