Penerima Dana Bantuan Sosial Non Tunai Gunakan Kartu Multiguna

Share
Salah satu penerima bantuan sosial non tunai dari Pemerintah Provinsi Banten sedang mengurus kartu multiguna di salah satu bank yang menjadi mitra Pemerintah Provinsi Banten dalam hal ini Dinas Sosial Banten dalam menyalurkan dana bantuan sosial, di Serang, Rabu (15/11/2017).

SERANG, VERBUMNEWS.COM– Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten melalui Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi  Banten, menyalurkan bantuan sosial (bansos) non tunai kepada 52 ribu lebih warga miskin di Banten. Penyaluran dana non tunai  dilakukan dengan menggunakan kartu multiguna, kerja sama dengan tiga bank yang ada di Banten yakni BJB, BNI dan Bank Banten.

Kepala Dinsos Banten Nurhana mengatakan, penyaluran untuk  52 ribu lebih warga miskin tersebut  terbagi ke dalam beberpa program bantuan diantaranya Jamsosratu, rumah tidak layak huni (RTLH) dan lansia.

“Penyaluran bantuan pada hari ini terdiri atas RTLH sebanyak 850 kepala keluarga, lansia sebanyak 2500 jiwa dan anak-anak sebanyak 1.000 jiwa,” ujar Nurhana di Serang, Rabu (15/11/2017).

Ia melanjutkan, penyaluran bansos non tunai ini dilakukan serentak di tiga kabupaten kota, yaitu Kabupaten Serang, Kota Serang dan Kabupaten Tangerang. Sedangkan lima kabupaten kota lainnya akan dilakukan Kamis (16/11/2017).

“Penyaluran bansos non tunai akan dilakukan secara bertahap,” katanya.

Nurhana menjelaskan, dalam penyaluran bansos non tunai tahun 2017 ini, Dinsos Banten menggunakan mekanisme baru, yaitu menggunakan kartu multiguna melalui tiga bank yang telah bekerjasama dengan Dinsos Banten.

“Sebelumnya penyaluran bansos non tunai melalui Kantor Pos dan Giro dengan menggunakan jasa wesel. Sedangkan tahun ini kartu multiguna yang bisa menggunakan anjungan tunai mandiri (ATM) yang berwarna hitam,” tuturnya.

Dengan adanya kartu mutiguna ini, lanjutnya, akan mempermudah penerima bantuan untuk mencairkan bantuan tersebut. Bahkan dengan komitmen dari tiga bank, maka penyaluran bansos non tunai bisa sampai ke pelosok daerah di Provinsi Banten.

“Ketiga bank ini akan memberikan pelayanan kepada pemilik kartu multiguna, di mana saja mereka berada,” ungkapnya.

Nurhana juga mengimbau kepada penerima bansos ketika pencairan jangan pernah memberikan uang kepada siapa pun dan jangan memberikan pin ATM untuk mengambil uang di ATM.

“Iya kami juga meminta kepada penerima jika ada pendamping atau siapa pun untuk meminta uang jangan diberikan kalau bisa laporkan orang itu ke kami.  Jadi manfaatkan bansos itu dengan baik nanti kami akan kroscek kembali ke rumah penerima bansos,” ujarnya.

Editor: L Dami

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkait