Pemprov Banten Alokasikan Anggaran Rp 300 Miliar untuk Revitalisasi Banten Lama

Share
Gubernur Banten Wahidin Halim (kiri), Ketua DPRD Banten Asep Rahmatullah (tengah) dan Wakil Gubenrur Banten Andika Hazrumy (kanan) saat rapat paripurna mendengarkan  pidato Kenegaraan Presiden Joko Widodo dalam rangka HUT RI ke-72 di Gedung DPRD Banten, Rabu (16/08/2017).

SERANG, VERBUMNEWS.COM – Pemerintah Provinsi (Pemprov)  Banten mengalokasikan anggaran  Rp 300 miliar untuk membantu revitalisasi kawasan Banten Lama. Anggaran tersebut digunakan  untuk pembangunan infrastruktur penunjang, seperti jalan akses dan lahan parkir. Selain itu juga untuk kebutuhan membiayai pekerjaan menjaga kebersihan, seperti untuk pengadaan armada kebersihan plus personel pekerjanya.

“Fungsi pemprov di sini kan membantu. Jadi concern kita ya di hal-hal yang bersifat penunjang. Untuk kawasan intinya sendiri, sesuai aturan itu kewenangan pemerintah pusat melalui Pemkot Serang,” kata Gubernur Banten Wahidin Halim usai menghadiri rapat paripurna DPRD Banten mendengarkan  Pidato Kenegaraan Presiden Joko Widodo dalam rangka HUT RI ke-72 di Gedung DPRD Banten, Rabu (16/08/2017).

Wahidin menjelaskan kebutuhan anggaran tersebut akan dianggarkan secara bertahap di APBD Banten mulai dari APBD Perubahan 2017 yang kini tengah dibahas pengajuannya oleh DPRD untuk disahkan pada sekitar bulan September mendatang. “Dan angka itu juga masih terus kita hitung dan sesuaikan. Belum fixed. Itu baru hitung-hitungan yang kita lakukan sejauh ini,” imbuh Wahidin.

Senada itu, Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy selaku koordinator program revitalisasi Banten Lama, mengatakan, sesuai dengan ketentuan kewenangan yang ditindaklanjuti dengan Memorandum of Understanding  (MoU)  atau kesepakatan bersama Pemprov dengan Kota dan Kabupaten Serang, master plan revitalisasi Banten Lama menjadi kewenangan Pemkot Serang di bawah koordinasi pemerintah pusat melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Pemprov Banten sendiri akan melakukan program-program bantuan dalam pekerjaan revitalisasi Banten Lama tersebut.

Master plan-nya itu Kota Serang. Kalau Pemprov Banten  konsentrasinya di ranah bantuan  di wilayah-wilayah penunjang kawasan Banten Lama,” kata Andika.

Meski begitu, kata Andika, program pembantuan pada revitalisasi Banten Lama tersebut menjadi salah satu prioritas Pemprov Banten saat ini, di luar prioritas utama lainnya yang mendasar, seperti kebutuhan sarana infrastruktur, pendidikan, dan kesehatan. Revitalisasi Banten Lama menjadi prioritas karena, menurut dia, Banten Lama memiliki nilai ekonomi, politik dan sejarah yang tidak kecil bagi warga dan seluruh stake holder daerah di Banten.

“Semua kita tahu bagaimana Banten Lama memiliki nilai sejarah dan politik yang tinggi bagi Banten. Dan secara ekonomi, Banten Lama adalah potensi pariwisata yang sangat bisa menggerakan perekonomian warga dan daerah. Jadi jelas Pak Gubernur dan saya selaku pimpinan pemerintah daerah punya kepentingan yang besar atas keberhasilan revitalisasi Banten Lama untuk kemajuan Banten,” ujarnya.

Editor: L Dami

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkait