Nutrisi Ikan Akan Hilang Jika Diolah dengan Cara yang Tidak Benar

Share
Foto ilustrasi
Foto ilustrasi

Nutrisi ikan dikenal kaya dan sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk menunjang kesehatan. Namun nutrisi yang tinggi itu bisa hilang jika cara mengolahnya tidak sesuai dengan tata cara yang benar. Percuma kalau terasa nikmat di lidah, namun nutrisi yang dikandungnya hilang.

Seperti apa cara memasak ikan yang dapat membuat zat gizi yang ada di dalamnya hilang? Laman thehealthsite melansirnya untuk Anda seperti berikut ini:

Disimpan dalam Waktu Lama

Menyimpan ikan dalam waktu lama akan membuat kualitas makanan tersebut menurun. Idealnya ikan diolah langsung begitu diambil dari habitatnya. Akan tetapi kadang ada orang yang menyimpan ikan di lemari pendingin hingga seminggu atau lebih. Hal ini akan membuat kondisi nutrisinya rusak, bahkan hilang sama sekali.

Mencuci Usai Dipotong

Mencuci ikan usai dipotong potong adalah salah satu cara untuk membuang nutrisinya. Sebaiknya mencuci dilakukan sebelum ikan dipotong, kemudian usai dipotong dapat Anda beri perasan jeruk atau kunyit dan garam untuk mematikan mikrobanya.

Kadar Merkuri

Pencemaran laut membuat banyak ikan mengandung bahan kimia berbahaya bahkan logam berat seperti merkuri. Tak ada cara untuk menghilangkan logam berat tersebut, walau sebagian orang merasa dengan membubuhkan perasan jeruk lemon akan membuatnya kembali aman dikonsumsi.

Jangan Digoreng

Mengolah ikan dengan digoreng memang lezat, namun sebaiknya hindari cara ini agar nutrisinya tidak banyak rusak. Menggunakan banyak garam juga tak disarankan, karena ia akan menghambat penyerapan asam lemak omega 3 di dalam tubuh.

Editor: L Dami

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkait