Malam-malam Sidak di Dindikbud Banten, Gubernur WH Pertanyakan PPDB Online

Share
Gubernur Banten Wahidin Halim (kanan) melakukan inspeksi mendadak (sidak) malam-malam di Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Banten, Selasa (06/06/2017) sekitar pukul 22.00 WIB. (Foto: Istimewa)

SERANG, VerbumNews.com – Gubernur Banten Wahidin Halim  (WH)  melakukan inspeksi mendadak  (sidak) malam-malam di Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Provinsi Banten, Selasa (06/06/2017). Kedatangan  Gubernur Banten  sekitar  pukul 22.00 WIB,  membuat sejumlah pegawai yang masih bekerja  di kantor  tersebut terkejut dan  kaget.

Sidak malam-malam yang dilakukan  Wahidin Halim tersebut  bermaksud untuk mempertanyakan sistem Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online yang diterapkan oleh Dindikbud Banten.  Sistem PPDB itu dipertanyakan karena sejumlah masyarakat mengeluh dan kecewa dengan keberadaan website pendaftaran online tidak berfungsi maksimal. Ada begitu banyak siswa yang tidak bisa mengakses website tersebut sehingga pendaftaran terpaksa dilakukan secara manual.

Wahidin Halim mendatangi Kantor Dindikbud Banten ditemani tiga orang.  Dia menemukan sejumlah pegawai yang sedang berada di ruang kerja, hanya mengenakan baju kaos.  Wahidin pun mempertanyakan  apa yang sedang mereka kerjakan malam hari di kantor.

Gubernur Wahidin  mempertanyakan  pelaksanaan PPDB untuk SMA/SMK tahun ajaran 2017/2018 yang baru dibuka hari ini  (Selasa 06/06/2017) hingga Sabtu (10/06/2017) mendatang.  Ia mempertanyakan mekanisme dan teknis pendaftaran siswa baru yang menggunakan sistem online.

“Sekolah bukannya  punya  sistem online-nya?  Kenapa nggak bisa menggunakan sistem online di  masing-masing sekolah?”  tanya  Wahidin  kepada sejumlah pegawai yang berada di ruang kerja Kantor Dindikbud Banten.

Pegawai tersebut pun mencoba menjelaskan bahwa saat ini sistem PPDB Online sedang tidak bisa diakses. “Sekarang (sistem online) lagi down Pak. Down tadi pagi jam 9. Sekarang siswa sementara daftar  manual, malam ini di-input di sini,” ujar pegawai tersebut.

“Tadi kamu bilang sementara manual, bagaimana itu? Sekarang sekolah aktif nih?  Sekarang kan udah  malam?” tanya Wahidin. “Harusnya aktif Pak,” jawab pegawai tersebut.

“Coba mana nomor teleponnya saya mau bicara. Saya mau ngomong langsung, cari sampling aja,” pinta Wahidin.

Untuk diketahui,  proses PPDB  untuk SMA/SMK tahun ajaran 2017/2018, Dindikbud Provinsi Banten menerapkan pendaftaran sistem online menggunakan website.

Alamat website pendaftaran calon siswa baru SMA Negeri   dan SMK Negeri yakni : http://ppdb.bantenprov.go.id .  Namun,  pada hari pertama dibuka,  sebagian besar siswa tidak bisa mengakses website tersebut karena sistemnya down.   Selain itu ada website: http://ppdb.dindikbudbanten.net

Dalam sidak tersebut, Gubernur Wahidin juga sempat mengecek sejumlah ruangan. Ia melihat Kantor Dindikbud  Provinsi Banten terkesan terlantar seperti tidak diurus.

Editor: L Dami

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkait