Kemenlu RI Pastikan Tidak Ada WNI dalam Kecelakaan Pesawat FlyDubai

Share
Peswat FlyDubai
Peswat FlyDubai

JAKARTA, VerbumNews.com-Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Republik Indonesia memastikan tak ada Warga Negara Indonesia (WNI) yang menjadi korban dalam kecelakaan pesawat Boeing 737-800 milik maskapai penerbangan FlyDubai di Rostov-on-Don, wilayah Rusia Selatan, Sabtu pagi (19/3/2016) waktu setempat.

Menurut Direktur Perlindungan Warga Negara Indonesia dan Bantuan Hukum Indonesia (PWNI & BHI) Kementerian Luar Negeri Lalu M Iqbal, hingga kini tak ada WNI yang menjadi korban dalam kecelakaan tersebut. Meski demikian, pihak Kemlu masih terus berkoordinasi dengan Crisis Center Kemlu Rusia.

Ia mengatakan bahwa KBRI Moskow telah meminta informasi dari pihak-pihak terkait termasuk Crisis Center Kemlu Rusia. Diperoleh kabar jumlah penumpang pesawat adalah 55 orang dengan 7 awak kabin. Dari 55 penumpang terdapat beberapa warga asing selain warga Rusia, namun tidak satu pun di antaranya WNI.

“Info yang didapat Kemlu, 55 penumpang Flydubai tersebut berasal dari Rusia berjumlah 44 orang, Ukraina berjumlah 8 orang, India berjumlah 2 orang, dan Uzbekistan 1 orang.” kata Iqbal.

Sebelumnya dilaporkan bahwa pesawat Boeing 727-800 milik FlyDubai dengan rute penerbangan Dubai (Uni Emirat Arab) – Rostov-on-Don (Rusia) mengalami kecelakaan saat mendarat di bandara Rostov-on-Don.

Hujan deras yang disertai angin kencang melanda kawasan sekitar bandara ketika insiden ini terjadi. Menurut LifeNews, pesawat itu sempat terbang berputar di sekitar area bandara selama 2 jam karena cuaca buruk.

Pesawat melewatkan landasan bandara saat percobaan pendaratan pertama. Pesawat kembali terbang memutar dan berusaha melakukan pendaratan kedua, namun nahas, pesawat menghantam tanah sebelum mencapai landasan.

Dalam pernyataannya, Kementerian Urusan Darurat wilayah Rostov menyebutkan bagian sayap pesawat menghantam tanah saat percobaan pendaratan kedua dan kemudian pesawat terbakar. Rekaman kamera CCTV di sekitar lokasi menunjukkan adanya ledakan besar di dekat landasan, ketika insiden ini terjadi.

Editor: L Dami

 

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkait