Kantor Imigrasi Serang Nyatakan 18 TKA Asal Tiongkok Legal

Share
Sebanyak 18 TKA asal Tiongkok diamankan Kantor Imigrasi Serang
Sebanyak 18 TKA asal Tiongkok diamankan Kantor Imigrasi Serang

SERANG, VerbumNews.com– Kantor Imigrasi Kelas I Serang akan  mengembalikan  18 tenaga kerja asing (TKA)  asal Tiongkok ke perusahaan yang membangun pelabuhan  di Bayah, Kabupaten Lebak.

Para pekerja asing tersebut diamankan oleh Kantor Imigrasi Serang karena adanya laporan warga bahwa para TKA asal Tiongkok tersebut tidak memiliki dokumen lengkap atau ilegal. Mereka dipekerjakan oleh PT China Harbour, pelaksana proyek pembangunan Pelabuhan Bayah, milik PT Cemindo Gemilang, produsen Semen Merah Putih.

Belasan TKA tersebut diperiksa secara intensif oleh petugas Imigrasi Serang sejak Kamis (25/08/2016) hingga Jumat (26/08/2016) siang.

Kasi Pengawasan dan Penindakan Kantor Imigrasi Kelas I Serang, M Reza Al Kahfi mengatakan, semua TKA asal Tiongkok itu legal bekerja di Indonesia.

“Setelah kami melakukan pemeriksaan semaleman, ternyata semua pekerja asing ini legal. Pihak perusahaan telah melengkapi data-data terkait izin bekerja. Semuanya memiliki keterangan izin tinggal sementara (Kitas),” jelasnya.

Reza menjelaskan, dari 18 TKA yang diamankan itu, sebanyak 13 TKA sudah lengkap data-datanya, dan 5 TKA lagi belum bisa menunjukkan dokumennya. Namun pihak perusahaan berusaha melengkapi.

“Kami menunggu pihak perusahaan  untuk melengkapi data-data dan dokumen izin dari 5 TKA tersebut,” ujarnya, Jumat (26/08/2016).

Menurut Reza, dokumen yang belum dilengkapi 5 TKA   yakni berupa  paspor dan IMTA (izin mempekerjakan tenaga kerja asing).

“Mereka belum melengkapi dan belum bisa menunjukkan dokumen itu ke kami. Mungkin masih dibawa perusahaan. Ini juga kami sedang menunggu dari perusahaannya, ” katanya.

Penulis: L Dami        

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkait