Jamkrida Perlu Terus Berinovasi Demi Pengembangan UMKM di Banten

Share
Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy dan Ketua DPRD Banten Asep Rahmatulah (kanan) pada acara acara Santunan dan Buka Puasa Bersama Anak Yatim yang digelar PT Jamkrida Banten, di Serang, Jumat (09/06/2017).

SERANG, VerbumNews.com – Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy  mengatakan Usaha Mikro Kecil dan Menengah  (UMKM)  merupakan  tulang punggung perekonomian Banten selama ini. Itu sebabnya, Andika meminta agar UMKM diperhatikan, dibantu serta difasilitasi pengembangan usahanya.

“Dalam catatan saya, UMKM itu adalah tulang punggung perekonomian Banten,” kata Wagub dalam sambutannya pada acara Santunan dan Buka Puasa Bersama Anak Yatim yang digelar PT Jamkrida Banten, Jumat (09/06/2017).

Terkait itu, menurut Andika, Jamkrida sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Pemprov Banten dengan salah satu fungsi memberikan penjaminan kredit UMKM, untuk melakukan inovasi-inovasi agar UMKM di Banten terus berkembang.

Lebih jauh Wagub mengapresiasi kinerja Jamkrida yang menurutnya satu-satunya BUMD yang telah menghasilkan laba meski masih nilainya masih belum terlalu signifikan.

“Dari semua BUMD Pemprov Banten yakni  Bank Banten dan PT Banten Global Development (BGD),  saya mendapat laporan Jamkrida yang sudah berhasil mendapatkan laba,” kata Andika.

Lebih jauh Andika mengingatkan agar Jamkrida terus memacu kinerjanya, supaya keberadaan BUMD tersebut bisa menyumbang terhadap pendapatan daerah, sebagai tujuan dari BUM Jamkrida didirikan.

Pada kesempatan acara yang juga dihadiri Ketua DPRD Banten Asep Rahmatullah tersebut, Direktur Utama PT Jamkrida Hendra Indra Rachman mengaku sangat bangga karena Wagub menyempatkan diri memenuhi undangan pihaknya untuk menghadiri acara tersebut. “Untuk diketahui Pak Wagub, acara ini rutin kami gelar setiap Ramadhan sebagai bagian dari tanggung jawab sosial perusahaan kepada warga sekitar,” kata Hendra.

Untuk diketahui Kegiatan usaha Jamkrida adalah kegiatan yang dilakukan dalam bentuk pemberian penjaminan untuk akses kredit kepada UMKM yang mempunyai usaha layak (feasible) namun tidak memenuhi persyaratan teknis Perbankan, khususnya pemenuhan agunan (tidak bankable) .

Pemberian penjaminan kredit yang diberikan oleh Jamkrida adalah  pemberian penjaminan kredit mikro, pemberian penjaminan produk perbankan lainnya seperti  kredit multiguna, kredit konstruksi dan pengadaan barang/jasa serta penjaminan kontra bank garansi.

Penjaminan kredit ini merupakan kerja sama di antara tiga pihak yakni  perusahaan penjamin kredit, perbankan/kreditur (penerima jaminan) dan nasabah (UMKM) sebagai terjamin.”Dengan jaminan Jamkrida, perbankan akan menjadi lebih ekspansif dan lebih aman untuk menyalurkan kredit/pembiayaan kepada UMKM.

Editor: L Dami

 

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkait