Hubungan Bilateral Indonesia dengan Australia Tetap Berjalan Baik

Share
Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto.

JAKARTA, VerbumNews.com- Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam)  Wiranto mengatakan pemutusan kerja sama pertahanan antara Indonesia dan Australia akibat kasus pelecehan Pancasila, tidak menyeluruh.

“Masalah (pelecehan) tersebut tidak akan mengganggu hubungan bilateral kedua negara yang telah berjalan baik selama ini, hal ini juga telah ditekankan Presiden Joko Widodo pagi tadi,” kata Wiranto, seperti dikutip Antara, Kamis (05/01/2017).

Menko Polhukam berharap tidak ada lagi pemberitaan di luar konteks yang justru akan membingungkan masyarakat dan mengganggu hubungan bilateral kedua negara.

Mantan Panglima TNI ini, melalui keterangan resmi yang diterima di Jakarta, sebagaimana diberitakan Antara, Kamis(05/01/2017) , mengungkapkan kasus yang menyinggung kehormatan bangsa pada November 2016 tersebut, hanya berdampak pada penghentian sementara kerja sama pelatihan Bahasa Indonesia di satuan khusus Australia.

“Berarti bukan pemutusan kerja sama pertahanan secara menyeluruh seperti yang diberitakan di banyak media akhir-akhir ini,” terangnya.

Wiranto menuturkan setelah Australia melakukan langkah-langkah penyelesaian terkait kasus pelecehan lambang negara Indonesia, hubungan pertahanan antara dua negara tetangga ini akan dilanjutkan.

Editor: L Dami

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkait