Gubernur Banten Tegaskan Akan Ekspos Temuan Inspektorat

Share
Gubernur Banten Wahidin Halim (kiri) pada saat memimpin rapat koordinasi dengan seluruh kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Provinsi Banten, pada hari pertama kerja, di Pendopo Kantor Gubernur Banten, Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B), Kota Serang, Selasa (16/05/2017).

SERANG, VerbumNews.com – Gubernur Banten Wahidin Halim berjanji akan mengoptimalkan fungsi lembaga Inspektorat dalam rangka terwujudnya pemerintahan yang bersih (clean government).

Karena itu, Wahidin Halim  meminta kepada seluruh kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Provinsi  (Pemprov) Banten untuk tidak tersinggung  jika dirinya mengekspos temuan pelanggaran hasil pemeriksaan Inspektorat di OPD tersebut.

Hal tersebut disampaikan Wahidin pada saat rapat koordinasi dengan seluruh kepala OPD di Pemprov Banten, pada hari pertama kerja, Selasa (16/05/2017).

Wahidin Halim yang biasa disapa   WH  tersebut menegaskan dirinya ingin  Inspektorat dapat meningkatkan fungsi pengawasan yang melekat pada instansinya, khususnya terkait dengan penggunaan anggaran.

“Nanti kepala dinas jangan tersinggung kalau saya mengekspos temuan hasil pemeriksaan inspektorat. Karena kelemahan kita ini malas, kalau ada temuan tidak sesegera mungkin diselesaikan. Jangan sampai nanti ada temuan terus didiamkan saja,” ujar WH di Pendopo Gubernur Banten, di Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B), Kecamatan  Curug, Kota Serang.

WH pun menyatakan secara langsung bahwa Inspektorat harus menjadi panca indera Gubernur dan Wakil Gubernur dalam rangka mewujudkan pemerintahan yang bersih (clean government) dari praktik-praktik korupsi maupun ketidakpatuhan administrasi.

“Saya ingin, Inspektorat melaporkan langsung hasil pengawasan atau yang menjadi tupoksinya kepada Gubernur dan Wakil Gubernur. Kalau koordinasi silakan ke Asda I. Tapi Inspektorat harus jadi panca indera kami, yakni Gubernur dan Wagub. Bukan berarti saya mau investigasi pekerjaan saudara-saudara semua di OPD  masing-masing, saya hanya membantu mencermati semua persoalan yang dialami saudara-saudara agar tidak menjadi persoalan yang lebih serius ke depannya,” ungkapnya.

WH pun menginginkan agar Inspektorat secara rutin dapat menyampaikan hasil pemeriksanaannya terhadap seluruh OPD. Karena ke depan ia akan mengekspos hasil pemeriksaan atau temuan-temuan OPD dalam rapat terbuka. Gubernur WH mengharapkan keberanian Inspektorat agar dapat melaksanakan tugas-tugasnya secara profesional dan semaksimal mungkin serta dapat menggerakkan seluruh auditor untuk mencermati dan mengawasi setiap kegiatan OPD .

“Teman-teman di OPD harus menghargai fungsi Inspektorat ini, karena sesungguhnya ia mengingatkan kita agar tidak terkena masalah di kemudian hari,” tegasnya.

Editor: L Dami

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkait