Germas di Kabupaten Pandeglang, Masyarakat Diedukasi Gaya Hidup Sehat

Share
Dinas Kesehatan Kabupaten Pandeglang melakukan sosialiasi program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas), di Puskemas Kaduhejo, Kamis (09/11/2017).

PANDEGLANG, VERBUMNEWS.COM-Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pandeglang memfokuskan program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) pada peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-53 tahun 2017.

Kegiatan tersebut diimplementasikan  lewat  aktivitas senam massal, makan buah dan sayur, serta cek kesehatan untuk menumbuhkan budaya hidup masyarakat dengan pendekatan keluarga.

”Penyelenggaraan HKN kali ini lebih menekankan edukasi gaya hidup sehat di tingkat keluarga dengan sasarannya  setiap keluarga agar menerapkan perilaku hidup sehat sesuai dengan indikator keluarga sehat,” ujar Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes)  Pandeglang H. Didi Mulyadi usai menyambut Tim Surveyor Komisi Akreditasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI di Puskesmas Kaduhejo, Kamis (09/11/2017).

Didi  menjelaskan, jika setiap keluarga sudah sehat maka Pandeglang akan sehat. Hal itu sesuai dengan visi dan misi Kabupaten Pandeglang di bawah kepemimpinan Bupati Pandeglang Hj. Irna Narulita, yakni mewujudkan Rumah Sehat Keluarga Sejahtera.

Dia mengatakan HKN yang diperingati setiap tanggal 12 November tersebut, pada tahun 2017  mengusung tema: “Sehat Keluargaku Sehat Indonesiaku.” Tema itu dilaksanakan melalui serangkaian acara yang dilaksanakan sejak Oktober 2017 di setiap Puskesmas.

”Kami sudah menginstruksikan seluruh kepala Puskesmas untuk menyemarakkan kegiatan khusus menyambut HKN dengan menyelenggarakan lomba keluarga sehat tingkat kecamatan,” ujarnya.

Menurutnya, hasil lomba keluarga sehat tingkat kecamatan diikutsertakan dalam Puncak Peringatan HKN tingkat Kabupaten Pandeglang yang dilaksanakan di Alun-alun Kota Pandeglang pada Selasa 14 November 2017.

Sementara itu , pada puncak peringatan HKN tingkat Kabupaten Pandeglang dilaksanakan festival buah dan sayur, parade keluarga sehat serta senam bersama, pengukuran tensi dan gula darah, lomba-lomba serta doorprize dengan pelibatan lintas sektor dan masyarakat luas.

Untuk itu, lanjut Didi, agenda peringatan HKN ini lebih melibatkan peran lintas sektor dan mengundang lebih banyak masyarakat. ”Kesehatan bukan hanya urusan Dinas Kesehatan tetapi urusan semua kalangan untuk berperilaku hidup bersih dan sehat,” ujarnya. (Adv)

 

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkait