Gempa 5,4 SR Guncang Tasikmalaya, Enam Rumah Rusak

Share
Ilustrasi-Alat pencatat gempa.

BANDUNG, VerbumNews.com –Gempa bumi berkekuatan 5,4 skala richter (SR) mengguncang Kabupaten Tasikmalaya, Provinsi Jawa Barat, Senin (24/04/2017) sekitar pukul 01.00 WIB. Pusat gempa diketahui terletak di laut Barat Daya Tasikmalaya.

Berdasarkan pendataan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tasikmalaya, sebanyak enam rumah warga mengalami kerusakan akibat gempa tersebut.

“Hingga saat ini ada enam rusak akibat gempa,” kata Kepala BPBD Kabupaten Tasikmalaya Alfian kepada wartawan, Senin (24/04/2017).

Ia menuturkan, guncangan gempa yang terjadi dini hari itu dirasakan cukup besar oleh warga Kabupaten Tasikmalaya.

Akibatnya ada enam bangunan rumah mengalami rusak dengan kategori rusak ringan di Dusun Naga, Kecamatan Salawu dan di Desa Puspamukti, Kecamatan Puspahiang. “Kerusakan rumah tergolong rusak ringan,” katanya.

Ia menambahkan, Tim BPBD Kabupaten Tasikmalaya telah diterjunkan untuk meninjau langsung kondisi rumah sekaligus memberikan bantuan kepada warga yang rumahnya mengalami kerusakan.

“Tim sudah tinjau ke lokasi sekaligus memberikan bantuan sembako,” katanya.

Sementara itu, BPBD Kabupaten Pangandaran yang segaris pantai dengan Tasikmalaya menyampaikan tidak ada laporan kerusakan akibat gempa di wilayah perkotaan.

“Sampai saat ini belum ada laporan kerusakan akibat gempa,” kata Kepala BPBD Kabupaten Pangandaran, Nana Ruhena.

Editor: L Dami

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkait