Dinsos Banten Lakukan Verifikasi Calon Penerima Bantuan RTLH dan Kube

Share
Kepala Dinas Sosial Provinsi Banten, Nurhana (kiri) ketika turun ke lapangan untuk memantau penerima bantuan rumah tidak layak huni (RTLH) dan Kelompok Usaha Bersama (Kube).

SERANG, VERBUMNEWS.COM– Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Banten melakukan identifikasi dan verifikasi terhadap calon penerima bantuan rehabilitasi sosial rumah tidak layak huni (RTLH) dan Kelompok Usaha Bersama (Kube). Hal ini dilakukan agar penerima bantuan tersebut benar-benar tepat sasaran.

Kepala Dinas Sosial Provinsi Banten Nurhana mengatakan, sebagaimana amanat Undang-Undang Nomor  23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah,  keberadaan Dinas Sosial merupakan urusan wajib dan sebagai layanan dasar.

“Berdasarkan basis data terpadu tahun 2015, angka  kemiskinan di Provinsi Banten sebanyak 2.652.755 jiwa dengan Rumah Tangga Sasaran (RTS) 654.785 Kepala Keluarga (KK). Kemiskinan merupakan persoalan mendasar dimana dalam penangannya menjadi tanggung jawab bersama antara pemerintahan pusat dan pemerintah daerah,” ujar Nurhana di Serang, Rabu (20/09/2017).

Nurhana mengatakan,  setiap kali turun ke lapangan dan melakukan pertemuan dengan penerima bantuan, pihaknya selalu  mengingatkan agar Kube yang telah menerima bantuan dilarang untuk menjual barang yang sudah diberikan oleh pemerintah, dan harus dikembangkan  melalui usaha bersama.

“Setiap saya turun ke lapangan dan bertemu dengan  penerima bantuan, saya  selalu ingatkan  jangan pernah menjual barang yang sudah diberikan oleh pemerintah. Bantuan untuk Kube itu dilakukan bertujuan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat,” ujarnya.

Ia mengatakan, bantuan untuk Kube itu merupakan salah satu langkah untuk menekan angka kemiskinan. Selain itu, bantuan rehabilitasi RTLH bertujuan untuk mengurangi angka kemiskinan.

“Kita tentu sangat berharap, masyarakat penerima bantuan benar-benar memanfaatkan bantuan tersebut sebaik mungkin agar kehidupan ekonomi mereka meningkat,” katanya.

“Kita ingin bantuan tersebut merata. Saya selalu menyempatkan diri  untuk  turun ke lapangan guna  memantau agar bantuan tersebut  benar-benar tidak tepat sasaran,” tambahnya.

Nurhana menjelaskan, sejauh ini Dinsos Provinsi Banten, telah memberikan bantuan sebanyak 850 RTLH dan 84 Kube. [ADV]

 

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkait