Dindikbud Fasilitasi Para Pelajar Pamerkan Karya Ilmiah di Banten Expo

Share
Para pelajar SMA dan SMK di Banten memamerkan hasil karya ilmiah pada acara Banten Expo yang difasilitasi oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Provinsi Banten.

TANGERANG, VERBUMNEWS.COM – Banten Expo 2017 yang digelar Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten  pada  tanggal 16 -18 November 2017 dimanfaatkan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Provinsi Banten untuk memfasilitasi para pelajar dari sejumlah SMA dan SMK di Banten memamerkan hasil karya ilmiahnya.

Secara khusus, stan pameran Dindikbud Provinsi Banten di Banten Expo 2017 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) Bumi Serpong Damai (BSD) Kota  Tangerang Selatan (Tangsel), diisi pameran berbagai hasil karya para pelajar dari SMA dan SMK. Dari SMK 6 Penerbangan Tangerang, siswanya memamerkan drone (pesawat tanpa awak) rakitan hasil karya di sekolah.

Selain itu, ada juga hasil karya siswa di sekolah penerbangan itu, berupa replika pesawat terbang yang biasa dijual sebagai merchandise di Bandara Soekarno Hatta.

Selanjutnya,  siswa dari SMAN 2  Kota Tangsel memamerkan tong sampah otomatis. Ada dua jenis tong sampah otomatis yang dipamerkan. Pertama, tong sampah otomatis Generasi 1 yang pernah menjadi juara pada Kompetisi Robot Kreatif antar pelajar se-Asia di Malaysia.

Kedua, tong sampah otomatis Gen 2 yang berhasil meraih juara ke-2 pada Kompetisi Robot Kreatif di Singapura. Tong sampah otomatis tersebut merupakan karya tiga siswa SMA Negeri 2 Tangsel yang kini sudah lulus, yakni Naradhipa Mahardhika Setiawan Bhary, Nabiilah Hasnil dan Respati Arli Shigit Wisanggeni.

Hasil karya lainnya yang dipamerkan yaitu helm berkendara yang sudah dilengkapi lampu sein, kemudian mesin pemotong kacang hasil karya ilmiah para pelajar dari SMA Negeri 3 Tangerang Selatan.

“Dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Banten, kami para pelajar yang memiliki hasil karya ilmiah difasilitasi untuk mengisi stan, memamerkan hasil karya kami di Banten Expo ini,” ujar Farhan Febrian,  siswa Kelas 2 SMA Negeri 3 Kota Tangsel.

Farhan mengungkapkan, semua produk yang dipamerkan di stan Dindikbud Provinsi Banten murni hasil karya para siswa melalui ruang ekstrakurikuler di sekolah. “Kami di sekolah ada ekstrakurikuler karya ilmiah, salah satunya ekskul robotik,” terangnya.

Sementara itu, Kabid SMA/SMK pada Dindikbud Provinsi Banten, Aep Junaedi mengatakan fasilitasi yang dilakukan terhadap para pelajar SMA/SMK tersebut sebagai bentuk motivasi agar ke depan  para pelajar terus berinovasi dan berkreasi sesuai dengan kemampuan dan keahlian mereka masing-masing.

“Banten Expo sebagai salah satu ajang bagi para pelajar SMA/SMK untuk memamerkan hasil karya ilmiah mereka. Ini menjadi momen bagi para pelajar untuk memperlihatkan kepada masyarakat bahwa mereka juga bisa berbuat sesuatu, baik bagi diri mereka sendiri maupun untuk kepentingan masyarakat. Hasil karya ilmiah mereka akan merupakan bukti skill yang mereka miliki dan menjadi modal untuk masa depan mereka,” ujarnya. (ADV-Dindikbud Banten10).

 

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkait