Bumi Perkemahan Pramuka di Panimbang Akan Dongkrak Kemajuan Pariwisata

Share
Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy saat memimpin upacara HUT Pramuka ke-56 tingkat Provinsi Banten 2017 di Lapangan Mesjid Albantani, Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B), Curug, Kota Serang, Selasa (15/08/2017).

SERANG, VERBUMNEWS.COM-Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy memproyeksikan keberadaan bumi perkemahan Pramuka Kwarda Banten di Panimbang, Kabupaten Pandeglang, dapat mendongkrak kemajuan pariwisata di kawasan selatan Banten tersebut. Menurutnya, hal itu dapat terwujud jika  bumi perkemahan  Pramuka tersebut sering dijadikan lokasi event Pramuka berskala Nasional.

“Progres pembangunan bumi perkemahan  Pramuka di Panimbang saat ini sudah mencapai 50 persen. Sesuai arahan  Pak Gubernur (Gubernur Banten Wahidin Halim) agar pembangunannya bisa cepat selesai,” kata Andika usai menjadi pemimpin upacara HUT Pramuka ke-56 tingkat Provinsi Banten 2017 di Lapangan Mesjid Albantani, Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B), Curug, Kota Serang, Selasa (15/08/2017).

Menurut Andika, perkemahan  Pramuka di Panimbang akan menjadi sarana promosi pariwisata Banten Selatan yang sangat baik, kalau  dipergunakan untuk menggelar event Pramuka bertaraf Nasional. Kehadiran anggota Pramuka dari seluruh Indonnesia, bahkan manca negara, di bumi perkemahan tersebut dengan sendirinya akan menjadi alat promosi dimaksud.

“Tugas kita adalah bagaimana  membangun fasilitas  bumi perkemahan  itu bisa layak untuk dijadikan lokasi event Nasional. Itu masuk ke dalam concern Pemprov Banten saat ini,” ujar Andika.

Secara umum, lanjut Andika, potensi pariwisata di Banten Selatan sangat variatif dan kompetitif. Kekayaan alam maritim  berupa garis pantai yang elok dan panorama laut yang menawan hanya tinggal butuh sedikit sentuhan untuk menjadikannya “tambang emas” bagi daerah di selatan Banten tersebut.

Andika mengatakan, Pemprov Banten serius sekali dengan pengembangan pariwisata di Banten Selatan tersebut. Keseriusan dimaksud, lanjutnya, bisa terlihat dari alokasi anggaran untuk pembangunan infrastruktur jalan di kawasan tersebut yang dapat dikatakan signifikan dalam beberapa tahun terakhir.

“Selain kesiapan infrastruktur seperti jalan, pekerjaan kita berikutnya adalah bagaimana menyediakan penunjang-penunjang lain, mulai dari akomodasi, atraksi-atraksi pariwisata hingga melibatkan  masyarakat sebagai pelaku pariwisata,” ujarnya.

Lebih jauh Andika juga berharap agar potensi Pramuka dari sisi keanggotaan yang tersebar merata di mayarakat dapat dilibatkan berperan aktif dalam memberikan kesadaran pariwiata kepada masyarakat di Banten, terutama mayarakat yang bermukim di kawasan pariwisata.

Kesadaran pariwiata dimaksud adalah yang menyangkut pola pikir masyarakat dalam memandang wisatawan, dimana wisatawan harus dilihat sebagai tamu yang harus dilayani dengan baik sehingga wistawan merasa nyaman dan selalu ingin kembali.

Menurut Andika, peroalan sadar wisata itu juga hal yang sangat fundamental dalam mendukung maju-mundurnya sektor pariwisata. “Organisasi Perangkat Daerah (OPD)  yang membidangi pariwisata saya kira nanti bisa menggandeng Pramuka terkait dengan menumbuhkan kesadaran pariwisata di masyarakat tersebut,” katanya.

Pada saat itu hadir juga  Ketua Kwarda Banten M Masduki, Ketua DPRD Banten Asep Rahmatullah, Komandan Korem 064 Maulana Yusuf Kol Czi Ito Hediarto, Wakil Kepala Polda Banten Kombes Pol Aan Suhanan, dan Danlanal Banten Kol Laut (P) Rudi Haryanto, dibagikan penghargaan kepada 23 anggota dan Pembina Pramuka dari kwarcab-kwarcab yang ada di Banten

Mereka yang menerima penghargaan diantaranya adalah Wakil Mabicab Kota Serang Sulhi (Wakil Wali Kota Serang), dan Wakil Ketua  Kwarda Banten Hudaya Latuconsina (Kepala Bappeda Banten) beserta 2 pembina Pramuka lainnya yang mendapatkan penghargaan Lencana Melati. Selanjutnya, sebanyak 7 pembina lainnya yang mendapatkan penghargaan Pancawara I hingga VII. Penghargaan juga biberikan kepada 8 anggota Pramuka di Banten sebagai anggota Pramuka Garuda. Berikutnya penghargaan diberikan kepada 4 SD di Banten sebagai Gudep Unggul.

Editor: L Dami

 

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkait